PC Cloning

Pembangunan jaringan komputer intranet, internet dan extranet membutuhkan resource yang besar, apalagi jika ada aplikasi router dan servernya. Banyak perusahan yang membangun jaringan, menggunakan resource yang mempunyai performa yang baik, tetapi dalm penggunaanya tidak maksimal Misalnya pada sisi client, menggunakan PC Pentium 4, sedangkan dalam pengoperasiannya hanya digunakan untuk menjalakan aplikasi seperti Office, Windows Media Player, Winamp atau Browsing, image editing, sehingga PC tersebut tidak bekerja maksimal sesuai dengan resource yang dimilikinya Ada beberapa developer jaringan mengabaikan kalkulasi biaya demi mendapatkan performa yang baik, dan ada juga yang mengabaikan performa karena pengaruh biaya yang minim. Dari dua kasus diatas sebenarnya dapat di jembatani dengan membuat Terminal Server atau PC Cloning, sehingga kita dapat mengedepankan performa yang baik dan biaya yang minim. Namun dengan terminal server, masalah lain muncul lagi, yaitu tidak semua orang familiar dengan Linux, dimana orang kebanyakan terbiasa dengan windows. Oleh karena itu solusi cerdasnya adalah pengembangan terminal server yang berbasis Linux dan Windows sekaligus. Aplikasi terminal server indentik dengan pengurangan resource pada sisi client, dengan asumsi seluruh aktifitas client akan diberikan oleh servernya. Karena itu client tidak membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang “mewah”. Pentium II dengan memory 32 MB sudah lebih dari cukup, dan hard disk tidak diperlukan.

Ada dua alternatif dalam penbangunan jaringan menggunakan Terminal Server / PC Cloning, yaitu :

1. WLTSP (Windows Linux Terminal Server Project)

WLTSP (Windows Linux Terminal Server Project) adah sebuah terminal server yang menggunakan Operating System Linux. Dimana dalam dima nantinya dalam pengoperasiannya pada sisi client dapat menggunakan dua Operating System sekaligus, yaitu Windows XP dan Linux, sesuai dengan pilihan user.

Sebuah LAN, LTSP Server dengan Operating System Linux berfungsi sebagai terminal server, dan Windows Server akan berfungsi sebagai pemberi layanan untuk client yang berbasis windows.

Sistem Requirement :
PC Server LTSP : P4 1.2Ghz processor, 512Mb Memory, 80GB hardrive, CD-Room, 1 Ethernet Card, Linux OS
PC Server Windows : P4 1.2Ghz procesor, 128Mb Memory, 10GB hardrive, CD-Room, Wndows XP OS
PC Client : P2 300Mhz processor, 32Mb Memory, 1 EthernetCard, 1 floppy Drive.

Kelebihan solusi berbasis LTSP thin client jika dibandingkan dengan desktop Konvensional :

1. Investasi hardware jauh lebih murah :
Dimana biasanya untuk setiap staf baru kita perlu membelikan sebuah
komputer Pentium IV dengan memory minimal 256 MB, dengan thin client maka kita cukup membelikan komputer bekas Pentium II dengan memory 32 MB — namun performanya tetap dapat menyamai Pentium IV
2. Longer hardware lifecycle :
Selain investasi hardware lebih murah seperti yang telah disebut diatas, juga umur hardware menjadi lebih panjang. Dimana biasanya mungkin kita perlu meng upgrade komputer desktop setiap 3-4 tahun, dengan solusi thin client, maka komputer bisa digunakan sampai lebih dari lima tahun dengan performa yang tetap sangat baik.
3. Maintenance :
Jauh lebih mudah, tidak mengganggu user, dan tidak memakan waktu. Dimana biasanya jika ada komputer rusak maka kita perlu waktu minimal satu hari (backup data user, install ulang komputer, restore data user). Maka, dengan thin client kita cukup mengganti komputer user dengan
komputer Pentium II lainnya; dan user dapat kembali bekerja dalam waktu hitungan menit.
4. Manajemen desktop :
juga menjadi jauh lebih mudah – contoh: jika ada 100 desktop, maka kita perlu melakukan 100 kali instalasi seluruh software yang ada. Namun dengan solusi thin client, maka kita hanya perlu instalasi satu kali, dan 100 desktop otomatis akan mendapatkannya juga.Kita juga bisa mudah “mengunci” desktop client, sehingga mereka tidak bisa memasang software-software tanpa sepengetahuan kita — dimana ini adalah salah satu penyebab utama masuknya virus / spyware / trojan, dengan dampak susulan yang bisa sangat fatal bagi perusahaan.
5. Upgrade mudah & murah :
untuk meningkatkan kinerja seluruh desktop, seringkali dapat dilakukan cukup dengan upgrade memory di server dan/atau upgrade switch. Dibandingkan dengan desktop biasa, dimana jika ada 100 desktop maka total biaya upgrade dikalikan dengan 100 buah komputer, sangat mahal & tidak efisien.
6. Keamanan data :
Karena semua data tersimpan di server, maka bisa lebih mudah kita amankan dari oknum staf (corporate espionage, internal hacker, dst). Desktop thin client juga bisa kita “kunci” sehingga semua fasilitas akses datanya (disket, USB, dll) tidak berfungsi (sehingga oknum staf tidak bisa mencuri data dari komputernya dan dibawa keluar perusahaan
7. Bebas biaya lisensi :
Karena berlisensi GPL (open source). Bandingkan misalnya dengan solusi Windows Terminal Server, atau Citrix, yang bisa dengan mudah menembus angka ribuan atau puluhan ribu dolar.
8. Fleksibel, mudah di upgrade :
Saya telah mengalami sendiri bagaimana mudahnya upgrade ke versi terbarunya; cukup install versi terbaru (yang akan terpasang di direktori yang berbeda dari versi sebelumnya), copy file-file konfigurasi yang lama — dan voila, selesai.
9. Netral :
apapun distro Linux yang anda gunakan, hampir bisa dipastikan bahwa LTSP bisa dipasang disitu.

2. LINUX PINUX

Fitur yang di kedepankan adalah fungsi sebagai klien WindowsXP™ SP2. Dengan demikian bila PINUX tersambung dalam sebuah jaringan yang mengandung sebuah WindowsXP SP2, maka ia dapat memanfaatkan aplikasi yang terpasang di Windows dari jarak jauh, bahkan dengan tampailan yang sama. Sebagai contoh dalam sebuah perusahaan, terdapat 10 komputer Pinux dan 1 Komputer XP Pro (SP2), maka semua komputer Pinux akan dapat menggunakan Windows XP Pro tersebut pada waktu bersamaan dan dapat menggunakan semua aplikasi-aplikasi yang terinstall dalam Windows XP tersebut.

Pada mode full screen, desktop pada layar Pinux akan berganti menjadi desktop windows XP, sehingga pemakainya akan serasa menggunakan windows XP.

Proses komputasi tetap dilakukan pada komputer windows XP, sedangkan komputer Pinux hanya akan berfungsi sebagai desktop interface (tampilan), oleh karena itu banyaknya user yang sanggup dilayani oleh komputer windows XP tentunya akan sangat tergantung pada kapasitas memory dan kekuatan processor pada komputer windows XP.

Fiture Pinux :

* Simple installations: tidak perlu jadi pakar untuk mampu menginsatlasi Pinux.
* Cocok untuk Warnet, pusat pelatihan (student training) atau perkantoran dengan lingkungan yang masih memiliki aplikasi berbasis Windowse.
* User friendly desktop.
* Mengamas semua aplikasi Linux popular dan dapt menjalankan aplikasi Windows baik remote maupun mengunakan emulator (wine).
* Aman: Semua aplikasi yang disertakan open source yang bebas Pungli (Pungutan Lisensi)
* Bisa bergabung dengan lingkungan jaringan MS Windows, langsung mendukung windows samba disk share dan printer share disamping mampu menjadi remote desktop dan memroses berita popup.
* Dapat menampilkan aksara Asia seperti: Chinese, Japan, Korea, Thailand, India dan lainnya.
* Administrasi dan konfigurasi Pinux bebasis Web.

Sistem Hardware Minimum:


Client (10 unit PC)

* Intel Pentium-II 300 MHz

* 128 MB memory

* 3.2G Harddisk

* Vga card with 2 MB video memory

* Standard 16/32 SoundCard (Exclude Yamaha chipset)

* 2 USB port

* Ethernet Card (for networking)

* Vga which capable 1024×768 mode

Server (1 unit PC)

* Intel P4 3.0Ghz Processor

* 2Gb Memory

* 120 Gb Hardisk

* Ethernet Card

* DVD-Room


BIAYA

Biaya yang dibutuhkan untuk instalasi jaringan dengan mengunakan LTSP atau Linux Pinux, adalah :

Client : Rp 400.00,- / Client

Server : Rp 3.000.000,- / Server

3 responses to “PC Cloning

  1. Mohon kiriman info lebih detail (surat penawaran) karna saya tertarik dengan info anda

    Terima kasih

    P Budi

  2. Saya tertarik ketika membaca di awal-awal artikel ini….
    Tapi sayang, orang pintar dimana-mana ingin cari untung….
    Yang bikin linux aza di gratisin….
    Lebih pintar dari kalian yang baru tahun linux….
    So pintar…. so jual mahal…. so jago loe….
    Ujung-ujungnya DUIT…
    Bagi yang cari informasi gimana caranya cloning PC dengan mudah dan lengkap tanpa berduit cari di situs lain….

  3. @ Mas Rony
    team kami tidak menjual produk, tapi kami jual Ilmu kami,
    dan Team kami menjual ilmu kami hanya kepada mereka yang mau saja,
    toh kami tidak memaksakan bagi yg gak mau….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s